Obat antibiotik raja singa

Sifilis primer

Obat antibiotik raja singa

Sifilis primer
Sifilis berkembang secara bertahap, dan gejala bervariasi setiap tahap. Tapi tahapannya bisa tumpang tindih, dan gejalanya tidak selalu terjadi dalam urutan yang sama. Anda mungkin terinfeksi sifilis dan tidak memperhatikan gejala apapun selama bertahun-tahun.

Sifilis primer


Tanda pertama sifilis adalah sakit kecil, disebut chancre (SHANG-kur). Sakit muncul di tempat di mana bakteri memasuki tubuh Anda. Sementara kebanyakan orang yang terinfeksi sifilis hanya mengembangkan satu chancre, beberapa orang mengembangkan beberapa dari mereka. Chancre biasanya berkembang sekitar tiga minggu setelah terpapar. Banyak orang yang menderita sifilis tidak memperhatikan chancre karena biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, dan mungkin tersembunyi di dalam vagina atau rektum. Chancre akan menyembuhkan dirinya sendiri dalam waktu tiga sampai enam minggu.

Sifilis sekunder

Dalam beberapa minggu penyembuhan chancre yang asli, Anda mungkin mengalami ruam yang dimulai di batang tubuh Anda namun akhirnya menutupi seluruh tubuh Anda - bahkan telapak tangan dan telapak kaki Anda. Ruam ini biasanya tidak gatal dan bisa disertai luka seperti kutil di mulut atau daerah genital. Beberapa orang juga mengalami kerontokan rambut, nyeri otot, demam, sakit tenggorokan dan kelenjar getah bening yang membengkak. Tanda dan gejala ini bisa hilang dalam beberapa minggu atau berulang kali datang dan pergi selama satu tahun.

Sifilis laten

Jika Anda tidak diobati untuk sifilis, penyakit ini berpindah dari tahap sekunder ke tahap tersembunyi (tersembunyi), bila Anda tidak memiliki gejala. Tahap laten bisa berlangsung bertahun-tahun. Tanda dan gejala mungkin tidak akan pernah kembali, atau penyakitnya bisa berlanjut ke tahap tersier (ketiga).

Sifilis tersier (akhir)

Sekitar 15 sampai 30 persen orang yang terinfeksi sifilis yang tidak mendapat pengobatan akan mengalami komplikasi yang dikenal sebagai sifilis tersier (akhir). Pada tahap akhir, penyakit ini bisa merusak otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang dan persendian. Masalah ini mungkin terjadi bertahun-tahun setelah infeksi yang asli dan tidak diobati.

Sifilis kongenital

Bayi yang lahir dari wanita yang menderita sifilis bisa terinfeksi melalui plasenta atau saat lahir. Sebagian besar bayi yang baru lahir dengan sifilis kongenital tidak memiliki gejala, walaupun beberapa mengalami ruam di telapak tangan dan telapak kaki mereka. Gejala selanjutnya mungkin termasuk tuli, kelainan bentuk gigi dan hidung pelana - dimana jembatan hidung roboh.

Obat antibiotik raja singa

Kapan harus ke dokter

Hubungi dokter Anda jika Anda atau anak Anda mengalami discharge yang tidak biasa, sakit atau ruam - terutama jika terjadi di daerah selangkangan.

Penyebab

Penyebab sifilis adalah bakteri yang disebut Treponema pallidum. Jalur penularan yang paling umum adalah melalui kontak dengan orang yang terinfeksi selama aktivitas seksual. Bakteri memasuki tubuh Anda melalui luka ringan atau lecet di kulit atau selaput lendir. Sifilis menular selama tahap primer dan sekundernya, dan terkadang pada masa laten awal.

Yang kurang umum, sifilis dapat menyebar melalui kontak dekat tanpa pelindung dengan lesi aktif (seperti saat berciuman) atau melalui ibu yang terinfeksi ke bayinya selama kehamilan atau persalinan (sifilis kongenital).

Sifilis tidak dapat disebarkan dengan menggunakan toilet, bak mandi, pakaian atau peralatan makan yang sama, atau dari kenop pintu, kolam renang atau bak air panas.

Setelah sembuh, sifilis tidak kambuh sendiri. Namun, Anda bisa menjadi terinfeksi ulang jika Anda memiliki kontak dengan sifilis seseorang yang sakit.

Obat antibiotik raja singa

Faktor risiko
Anda menghadapi peningkatan risiko terkena sifilis jika Anda:

  1. Terlibatlah dengan seks tanpa kondom
  2. Berhubungan seks dengan banyak pasangan
  3. Apakah pria yang berhubungan seks dengan pria
  4. Apakah terinfeksi HIV, virus yang menyebabkan AIDS


Komplikasi
Tanpa pengobatan, sifilis dapat menyebabkan kerusakan di seluruh tubuh Anda. Sifilis jugameningkatkan risiko infeksi HIV dan, bagi perempuan, dapat menyebabkan masalah selama kehamilan. Pengobatan dapat membantu mencegah kerusakan di masa depan namun tidak dapat memperbaiki atau membalikkan kerusakan yang sudah terjadi.

Benjolan atau tumor kecil
Disebut gummas, benjolan ini bisa berkembang pada kulit, tulang, hati atau organ lain pada tahap akhir sifilis. Gummas biasanya hilang setelah diobati dengan antibiotik.

Masalah neurologis
Sifilis dapat menyebabkan sejumlah masalah pada sistem saraf Anda, termasuk:

  1. Pukulan
  2. Meningitis
  3. Gangguan pendengaran
  4. Masalah visual
  5. Demensia
  6. Kehilangan rasa sakit dan sensasi suhu
  7. Disfungsi seksual pada pria (impotensi)
  8. Inkontinensia kandung kemih
  9. Tiba-tiba, sakit seperti kilat

Obat antibiotik raja singa

Masalah kardiovaskular
Ini mungkin termasuk bulatan (aneurisme) dan pembengkakan aorta - arteri utama tubuh Anda - dan pembuluh darah lainnya. Sifilis juga bisa merusak katup jantung.

Infeksi HIV
Orang dewasa dengan sifilis yang menular seksual atau tukak genital lainnya diperkirakan memiliki peningkatan risiko tertular HIV dari dua sampai lima kali lipat. Sifilis sakit dapat mudah berdarah, memberikan cara mudah bagi HIV untuk memasuki aliran darah Anda selama aktivitas seksual.

Komplikasi kehamilan dan persalinan
Jika Anda hamil, Anda bisa melewati sifilis ke bayi Anda yang belum lahir. Sifilis kongenital sangat meningkatkan risiko keguguran, lahir mati atau kematian bayi baru lahir Anda dalam beberapa hari setelah kelahiran.

Posting Komentar