Obat dari penyakit raja singa

Apa itu Sifilis Sekunder

Sifilis adalah infeksi menular seksual (IMS). Ada empat tahap penyakit: primer, sekunder, laten, dan tersier (juga dikenal sebagai neurosifilis). Sifilis primer adalah tahap pertama dari penyakit ini. Ini menyebabkan satu atau lebih luka kecil tanpa rasa sakit di dalam atau di sekitar alat kelamin, anus, atau mulut.
Obat dari penyakit raja singa

Jika Anda tidak mendapatkan perawatan untuk tahap utama penyakit ini, mungkin akan berlanjut ke tahap kedua, yaitu sifilis sekunder. Jika Anda tidak diobati untuk sifilis sekunder, penyakit ini kemungkinan akan berlanjut ke tahap laten, dan bahkan mungkin berlanjut ke tahap tersier.

Tahap sekunder sifilis dapat disembuhkan dengan perawatan medis. Penting untuk mendapatkan perawatan agar penyakit tidak berlanjut ke stadium tersier, yang mungkin tidak dapat disembuhkan, dan dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh Anda, juga demensia (kehilangan ingatan), kelumpuhan, atau bahkan kematian.


Efek Sifilis Sekunder pada Wanita
PENYEBAB

Bagaimana Sifilis Menular?
Sifilis disebabkan oleh spirochete (sejenis bakteri berbentuk spiral seperti cacing) yang disebut Treponema pallidum. Anda bisa mendapatkan bakteri dengan cara berikut:

  1. Kontak langsung dengan luka sifilis (biasanya ditemukan di vagina, anus, rektum, di mulut, atau di bibir)
  2. Selama seks vaginal, anal, atau oral dengan orang yang terinfeksi
  3. Ibu yang terinfeksi dapat melewati sifilis ke anaknya yang belum lahir, yang dapat mengakibatkan komplikasi serius atau bahkan kematian anak yang belum lahir
  4. Sifilis primer dan sekunder sangat menular. Beritahu pasangan seksual Anda sebelumnya jika Anda didiagnosis menderita sifilis sehingga mereka dapat diperiksa untuk mengetahui apakah mereka memiliki penyakit ini.


Anda tidak bisa menangkap sifilis dari kenop pintu, tempat duduk toilet, kolam renang, pakaian, bak mandi, atau peralatan perak.

Ada korelasi yang tinggi antara sifilis dan HIV, karena HIV dapat ditularkan melalui sifilis. Karena perilaku yang menyebabkan penyebaran IMS sama untuk sifilis dan HIV, memiliki sifilis adalah indikator bahwa Anda juga berisiko tertular HIV.

GEJALA
Sifilis primer biasanya muncul sendiri sebagai luka tunggal. Sakit ini biasanya muncul tiga minggu setelah infeksi awal, tapi bisa menunjukkan segera setelah 10 hari atau sampai 90 hari. Sakit ini, disebut chancre, kecil, kencang, bulat, dan tidak menimbulkan rasa sakit. Tampak di situs infeksi asli, biasanya mulut, anus, atau alat kelamin. Anda mungkin bahkan tidak menyadarinya. Tidak diobati, sakit awal sembuh dalam sebulan atau lebih.

Jika Anda tidak menerima perawatan selama munculnya gejala awal ini, bakteri yang menyebabkan IMS ini akan menyebar melalui aliran darah Anda, dan Anda akan segera mengalami sifilis sekunder.

Gejala sifilis sekunder berkembang dua sampai delapan minggu setelah seseorang pertama kali terinfeksi sifilis primer. Tahap sekunder biasanya ditandai dengan ruam nonitchy.

Ruam itu mungkin terbatas pada satu bagian tubuh Anda, atau bisa menyebar ke beberapa bagian. Munculnya ruam bervariasi. Salah satu manifestasi yang umum adalah bintik-bintik coklat kemerahan di dasar kaki Anda dan di telapak tangan Anda. Biasanya, ruam terasa bersisik, tapi bisa juga mulus. Terkadang, ruam itu terlihat seperti penyakit yang disebabkan oleh penyakit lain, membuat diagnosis lebih rumit. Mungkin juga sangat samar sehingga diabaikan.
Obat dari penyakit raja singa

Gejala lain dari sifilis sekunder meliputi:

  1. sakit tenggorokan
  2. demam
  3. Bengkak kelenjar getah bening
  4. Sakit kepala
  5. kelelahan
  6. sakit otot
  7. Bercak seperti kutil di sekitar lipatan kulit atau alat kelamin
  8. kehilangan selera makan
  9. nyeri sendi
  10. Pembesaran kelenjar getah bening

DIAGNOSA
Bagaimana Sifilis Sekunder Didiagnosis?
Untuk mendiagnosis sifilis sekunder, dokter Anda akan ingin melakukan pemeriksaan fisik dan mengajukan pertanyaan tentang riwayat kesehatan Anda. Jika Anda mengalami luka, dokter Anda mungkin menggunakan mikroskop untuk memeriksa bahan yang diambil dari luka Anda. Bakteri sifilis akan muncul di bawah mikroskop - teknik ini dikenal sebagai darkfield microscopy.

Menguji darah Anda dengan tes cepat plasma kembali (RPR) juga merupakan cara yang andal dan murah bagi dokter Anda untuk menentukan apakah Anda menderita sifilis atau tidak. Tubuh Anda membuat antibodi, protein yang mencoba melawan infeksi, sebagai respons terhadap infeksi dan penyerang asing. Jika tes darah menunjukkan antibodi sifilis ini, maka Anda telah terinfeksi sifilis. Tes RPR penting dilakukan ibu hamil, karena sifilis yang tidak terdiagnosis dapat diteruskan ke anak Anda yang belum lahir, dan bisa mengancam nyawa bayi.

Dokter Anda juga dapat menentukan apakah Anda menderita sifilis dengan menguji cairan tulang belakang Anda.

Obat dari penyakit raja singa


PERAWATAN

Bagaimana Sifilis Sekunder Diobati?
Sifilis tidak dapat disembuhkan dengan pengobatan over-the-counter atau pengobatan di rumah. Jika tertangkap cukup awal, Anda hanya memerlukan satu suntikan penisilin. Jika Anda memiliki IMS untuk jangka waktu yang lebih lama, beberapa dosis akan diperlukan.

Orang dengan alergi penisilin bisa menggunakan antibiotik lain, seperti doksisiklin atau tetrasiklin. Penisilin adalah obat terbaik jika Anda hamil, namun karena antibiotik lain dapat membahayakan bayi yang sedang berkembang atau gagal melindungi mereka dari sifilis.

Antibiotik akan membunuh bakteri sifilis dan menghentikannya untuk merusak tubuh Anda lebih lanjut. Antibiotik umum yang digunakan meliputi:

  1. Benzathine penicillin G
  2. Doksisiklin
  3. Tetrasiklin

Namun, antibiotik tidak bisa memperbaiki kerusakan yang telah terjadi.

Jika Anda menerima perawatan untuk sifilis, jangan melakukan hubungan seks sampai luka Anda sembuh sepenuhnya dan Anda telah menyelesaikan perawatan antibiotik lengkap Anda. Biarkan pasangan seksual Anda tahu tentang kondisi Anda sehingga mereka juga bisa mendapatkan pertolongan dan menghindari penyebaran infeksi.

KOMPLIKASI
Komplikasi Pengobatan
Tanpa pengobatan, sifilis Anda kemungkinan akan terus berlanjut. Bisa 10 atau 20 tahun sebelum Anda mengalami efek terburuk. Akhirnya, sifilis yang tidak diobati akan menyebabkan kerusakan pada otak, mata, jantung, saraf, tulang, sendi, dan hati. Anda juga bisa menjadi lumpuh, buta, gila, atau kehilangan perasaan dalam tubuh. Sifilis yang tidak diobati juga dapat menyebabkan bayi yang belum lahir atau yang mengalami perkembangan tertunda.

Bahkan jika Anda telah sembuh dari sifilis, Anda masih bisa mendapatkannya lagi.

Orang yang dirawat karena sifilis juga berisiko mengalami reaksi Jarisch-Herxheimer. Saat tubuh Anda memecah bakteri sifilis, reaksi bisa dipicu. Gejala Jarisch-Herxheimer meliputi:

  1. panas dingin
  2. ruam
  3. Demam hingga 104 derajat Fahrenheit
  4. Takikardia (denyut jantung cepat)
  5. Hiperventilasi
  6. sakit kepala
  7. sakit otot
  8. nyeri sendi
  9. Ruam
  10. mual

Reaksi Jarisch-Herxheimer biasa terjadi dan berpotensi serius. Jika Anda mengalami gejala seperti itu, pastikan untuk segera melakukan perawatan medis.

Selain itu, luka sifilis yang terbuka meningkatkan peluang tertular HIV dan IMS lainnya. Karena itu, ada baiknya Anda melakukan tes HIV dan IMS lainnya jika Anda memiliki sifilis sekunder.
Obat dari penyakit raja singa

PENCEGAHAN

Cara Mencegah Mendapatkan Sifilis Sekunder
Anda dapat mencegah mendapatkan sifilis sekunder dengan mendapatkan pengobatan untuk sifilis primer sebelum berkembang ke tahap sekunder. Anda juga bisa mencegah sifilis primer dengan mempraktikkan praktik seks aman, seperti menggunakan kondom. Anda harus diuji secara teratur untuk sifilis dan IMS lainnya jika Anda aktif secara seksual dan melakukan hubungan seks tanpa kondom atau beberapa pasangan.

Orang yang harus diuji secara reguler untuk sifilis meliputi:

  1. wanita hamil
  2. Orang yang berisiko lebih besar terkena sifilis (termasuk pria yang berhubungan seks dengan pria dan orang di penjara)
  3. Orang dengan HIV
  4. Mereka yang memiliki pasangan seksual yang memiliki sifilis

Jika Anda melihat ada yang tidak biasa sakit atau ruam, terutama di dekat alat kelamin atau daerah anal, berhenti berhubungan seks dan pergi ke dokter. Sifilis sebelumnya tertangkap, semakin mudah mengobati dan semakin baik hasilnya. Beritahu semua pasangan seksual Anda segera agar mereka dapat diobati dengan baik. Sifilis adalah penyakit yang sangat menular.

PANDANGAN

Prospek Jangka Panjang
Jika sifilis didiagnosis dan diobati cukup dini, bisa disembuhkan dengan saksama. Dengan pengobatan, sifilis sekunder kemungkinan besar akan hilang dalam beberapa minggu sampai satu tahun.

Jika sifilis sekunder tidak diobati dan gejala Anda hilang, Anda masih akan memiliki bentuk sifilis yang laten. Tahap laten adalah periode bebas gejala yang bisa berlangsung bertahun-tahun. Anda mungkin tidak akan pernah lagi mengalami gejala.

Tanpa pengobatan, bagaimanapun, Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk maju ke tahap tersier sifilis. Hal ini dapat menyebabkan banyak komplikasi serius, termasuk kerusakan otak dan kematian. Buat janji temu dengan dokter Anda segera setelah Anda memiliki masalah sehingga Anda dapat diuji dan ditangani sesegera mungkin.

Obat dari penyakit raja singa